Tentang Kami

Tentang Kami

  • CategoryHome, Office
  • Websitepintarumkm.salatiga.go.id
Tentang Pintar UMKM

Apakah PINTAR UMKM itu?

PINTAR (Portal Informasi Terpadu) UMKM adalah Portal untuk memfasilitasi para pelaku UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) di kota Salatiga untuk:

  • Mengurus Proses Perizinan
  • Meningkatkan Kompetensi Pelaku UMKM
  • Pemasaran Produk UMKM Salatiga
  • Mengakses Informasi Terkini seputar UMKM dari DINKOP UKM Kota Salatiga

PINTAR (Portal Informasi Terpadu) UMKM

"Pintar UMKM diharapkan dapat mempermudah proses perizinan para pelaku UMKM di Salatiga. Portal ini juga dapat memfasilitasi para pelaku UMKM dalam pemasaran produk dan peningkatan kompetensi melalui pelatihan digital."

Roch Hadi, SH.,MM

Kepala Dinas Koperasi UKM Kota Salatiga

Profil Dinas Koperasi UKM

Sesuai dengan Peraturan Daerah Kota Salatiga Nomor 9 Tahun 2016  Dinas Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah Kota Salatiga adalah Organisasi Perangkat Daerah Tipe C yang menyelenggarakan urusan pemerintahan bidang koperasi, usaha kecil, dan menengah di wilayah Kota Salatiga.

Sejak tanggal 1 Januari 2017 Dinas Koperasi, Usaha Kecil, dan  Menengah mulai  melaksanakan tugas dan fungsi Perangkat Daerah sesuai Peraturan Walikota Salatiga Nomor 42 Tahun 2016.

Visi dan Misi

“Salatiga Hati Beriman yang SMART”

 

Tugas dan Fungsi

Berdasarkan Peraturan Walikota Salatiga Nomor 42 Tahun 2016 Tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah. Dinas Koperasi UKM mempunyai tugas membantu Walikota melaksanakan urusan Pemerintahan yang menjadi kewenangan Daerah bidang koperasi, usaha kecil, dan menengah serta tugas pembantuan yang diberikan kepada Daerah.

Tugas sebagaimana antara lain menyelenggarakan fungsi:

  1. perumusan kebijakan bidang koperasi, usaha kecil, dan menengah;
  2. pelaksanaan kebijakan bidang koperasi, usaha kecil, dan menengah;
  3. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan bidang koperasi, usaha kecil, dan menengah;
  4. pelaksanaan administrasi Dinas; dan
  5. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Walikota terkait dengan tugas dan fungsinya.

Struktur Organisasi

Berdasarkan Peraturan Walikota Salatiga Nomor 42 Tahun 2016 Tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah. Dinas Koperasi, memiliki Susunan Organisasi sebagai berikut

  • Kepala Dinas
  • Sekretariat
    • Subbagian Perencanaan dan Keuangan
    • Subbagian Umum dan Kepegawaian
  • Bidang Koperasi
    • Seksi Kelembagaan dan Pengembangan Koperasi
    • Seksi Pengawasan Koperasi
  • Bidang Usaha Kecil, dan Menengah
    • Seksi Pemberdayaan Usaha Kecil dan Menengah
    • Seksi Pengembangan dan Pengawasan Usaha Kecil dan Menengah
Kirim Chat